2023-03-21 07:53:45

WORLD KIDNEY DAY 2023 : GINJAL SEHAT UNTUK TUBUH YANG KUAT, AYO DETEKSI DINI PENYAKIT GINJAL DAN PENCEGAHANNYA!





Senin, 20 Maret 2023 

 

Hari ginjal sedunia yang diperingati setiap tanggal 9 Maret adalah kampanye global yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia tentang pentingnya ginjal dalam tubuh dan betapa kita harus menjaga kesehatannya. Harapannya, manusia paham akan faktor resiko, cara hidup dengan penyakit ginjal dan mengurangi dampak penyakit ginjal dengan melakukan pola hidup sehat.

 

Di Indonesia, penyakit ginjal menjadi penyebab kematian ke- 10 dengan jumlah kematian lebih dari 42 ribu pertahunnya. Itulah mengapa kampanye #WorldKidneyDay2023 menjadi momentum bagi masyarakat untuk menyuarakan pentingnya menjaga Kesehatan ginjal. 

Memperingati kampanye hari ginjal sedunia, RSU Avisena mengadakan seminar Health Talk dengan narasumber dr. Beni Benardi, Sp. PD yang merupakan salah satu Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RSU Avisena dengan tema “Ginjal Sehat untuk Tubuh yang Kuat : Deteksi Dini Penyakit Ginjal dan Pencegahannya”. Seminar dilakukan secara daring melalui Instagram @rsuavisena. 

Tidak hanya itu, perawat Hemodialisa pun melakukan penyuluhan secara langsung pada pasien mengenai pola hidup sehat serta membagikan kaos dan souvenir dengan tujuan memberi dukungan positif bagi para pasien Hemodialisa.

 

Kegiatan #WorldKidneyDay2023 yang diselenggarakan tentunya memberikan kesan positif bagi pasien pada rumah sakit, selain kampanye ini merupakan bentuk perhatian rumah sakit, pasien hemodialisa pun menjadi semakin nyaman untuk melakukan rutin cuci darah ke RSU Avisena. 

Salah satu pasien, Bapak Tarmudi (53) mengatakan “Senang berobat ke RS Avisena karna selain hemodialisanya buka 24 jam, selama 8 bulan cuci darah disini perawatnya selalu perhatian dan menenangkan saya kalau sedang berpikir negative. Pendaftaran ke Hemodialisanya pun tidak ribet”. 

 

Hemodialisis/Cuci Darah adalah tindakan medis sebagai terapi pengganti fungsi ginjal yang tidak bekerja dengan normal, dibantu dengan menggunakan mesin cuci darah. Layanan hemodialisa di RSU Avisena memberikan pelayanan baik pasien gagal ginjal akut maupun gagal ginjal kronik dengan motto kami “melayani dengan sepenuh hati”. RSU Avisena memiliki sumber daya manusia yang berpengalaman, kompeten dan berkualitas sehingga pasien merasa seperti dirawat dirumah. Layanan hemodialisa RSU Avisena berada di lantai 1 Jl. Melong no. 170. (20/3). 

SHARE:        

Add Comment