2019-12-01 04:52:44

Tinggal dikawasan industri? Siapa takut!





         Kawasan industri adalah sebuah area yang dikhususkan dan direncanakan untuk tujuan pengembangan industri. Kawasan industri biasanya berlokasi ditepi ataupun diluar kawasan permukiman dari sebuah kota, dan biasanya didukung dengan akses transportasi dengan baik, seperti jalan dan rel. Rumah Sakit Umum Avisena yang beralamat di Jalan Melong nomor 170 Cimahi Selatan berlokasi didekat kawasan industri berjarak sekitar 2 kilometer. Tidak heran bila banyak mobil-mobil truk yang melewati kawasan Rumah Sakit Avisena dan menyebabkan berbagai polutan.

         Pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang paru sehingga menyebabkan kantung udara didalam paru meradang dan membengkak. Kondisi kesehatan ini sering kali disebut paru-paru basah, sebab paru-paru basah bisa saja dipenuhi dengan air atau cairan lendir. Pneumonia termasuk kedalam 10 penyakit terbanyak di Avisena.

        Kondisi paru-paru basah ini dapat dialami oleh siapapun, namun pneumonia pada anak bisa sangat berbahaya dan menyebabkan kematian. Bahkan, di Indonesia sendiri dilansir dari CNN, penyakit ini pada anak menyebabkan 2-3 balita yang meninggal. Gejala pneumonia pada umumnya mengalami batuk terus menerus, disertai dahak. Demam, berkeringat, menggigil, susah bernafas, dada sakit, dan nafsu makan menurun. Untuk itu perlu untuk menjaga daya tahan tubuh agar virus atau bakteri dapat dilawan dengan alami.

Berikut adalah kebiasaan yang dapat meningkatkan kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh bagi anda yang berada dikawasan industri :

1.      Biasakan minum air putih 8 gelas perhari.

         Minum 8 gelas sehari dapat memelihara fungsi ginjal, menghindari dehidrasi yang dapat membuat kulit kusam, mengontrol kalori dalam tubuh, melancarkan pencernaan, dan mengurangi resiko kanker kandung kemih karena karena dapat terus terkuras.

2.      Lakukan aktivitas fisik.

         Pilihlah aktivitas fisik yang nyaman dan disenangi seperti jalan pagi dan bersepeda santai, hal ini merupakan cara pemecahan lemak menjadi energi.

3.      Jangan malas mencuci tangan memakai sabun!

         Penyebaran virus dan infeksi terbanyak melalui tangan. Jangan ragu untuk rajin mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah keluar dari toilet, dan sebelum maupun setelah menyiapkan makanan.

4.      Makan makanan yang bergizi.

         4 Sehat 5 sempurna merupakan hal yang penting saat akan mengkonsumsi makanan, pilih makanan andalan untuk memenuhi 4 sehat 5 sempurnanya!

5.      Memakai masker bila memasuki area berdebu. 

         Masker dapat melindungi anda dari mikroorganisme ataupun virus yang penularannya lewat udara. Pastikan ukuran masker pas, tidak kebesaran maupun kekecilan. Setelah masker terpasang dengan benar, hindari menyentuh masker apalagi sebelum mencuci tangan.

6.      Memakai Sunscreen bila perlu.

         Sunscreen dapat menghindari kulit yang terpapar langsung sinar matahari dari kanker kulit.

SHARE:        

Add Comment