2020-06-30 02:19:10

New Normal diterapkan, apa bedanya dengan Back to Normal?





Seperti yang kita ketahui, new normal adalah perubahan perilaku atau kebiasaan untuk menjalankan aktivitas seperti biasa tetapi tetap menggunakan dan menetapkan protokol Kesehatan ditengan pandemic Covid-19. Maka dari itu, saat ini pemerintah menggaet berbagai lapisan masyarakat termasuk tokoh masyarakat, para ahli dan para pakar untuk merumuskan protokol atau SOP untuk memastikan masyarakat dapat beraktivitas Kembali namun tetap aman dari Covid-19.

Tentu saja New Normal bukan Back to Normal. Jika back to normal kita dapat berhimpitan saat menyantap makanan di resto atau mencoba baju dengan bebas di pusat perbelanjaan, hal ini sangat berbeda dengan New Normal. Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau bisa kita sebut New Normal ini akan selalu menerapkan protokol kesehatan seperti selalu menerapkan cuci tangan dengan sabun maupun air mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter, dan isolasi diri jika merasa kurang sehat.

Lalu bagaimana cara beraktivitas selama New Normal? Ribet gak sih?

1. Lebih penting membawa handsanitizer dan masker ganti daripada lipstik. Saat sahabat pergi keluar, bagi para perempuan kewajiban paling awal adalah membawa lipstik. Karena pada masa pandemi diwajibkan memakai masker, sahabat dapat menurunkan prioritas membawa lipstik dan lebih mementingkan membawa masker ganti dan handsanitizer. Lebih galau tidak membawa handsanitizer daripada bawa lipstik, kaan?
2. Perlu membawa sarung tangan? Tidak masalah, kok. Saat sahabat pergi ke supermarket, dan bertemu dengan orang yang selalu memakai sarung tangan termasuk dalam memilih dan mengambil benda. Apa yang sahabat rasakan? Padahal sarung tangan itu sendiri dapat mengumpulkan virus dan bakteri dalam sarung tangan dan tanpa sadar, anda mentransfer berbagai bakteri atau virus itu kesuatu tempat. Kami tetap memprioritaskan anda untuk mencuci tangan ya, sahabat!
3. Pembayaran cashless lebih disenangi daripada uang cash. Cashless berupa pembayaran debit maupun credit saat ini sedang digandrungi, ataupun melaui uang elektronik seperti Gopay, Dana, maupun Ovo. Mengapa lebih digandrungi? Uang cash yang dapat berpindah tangan maupun tempat dapat mentransfer virus maupun bakteri selama uang cash itu digunakan. Tetapi bukan berarti uang cash tidak dapat digunakan ya, sahabat! Asalkan tetap menjaga kebersihan tangan setelah memegang uang.
4. Takut ke Rumah Sakit untuk periksakan kesehatan? Jangan kawatir! Karena sekarang di Era New Normal, jika sahabat merasakan tidak enak badan seperti demam, batuk, dan pilek selalu periksakan ke pelayanan kesehatan terdekat. Tetapi perlu anda ketahui, bahwa dimanapun anda berada termasuk Rumah Sakit. Anda harus tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol Kesehatan yang diberlakukan pemerintah.

Stay health, sahabat!
Referensi : https://www.kemkes.go.id/article/view/20052900001/vaksin-covid-19-belum-ditemukan-pemerintah-siapkan-skenario-new-normal.html

SHARE:        

Add Comment