2020-04-02 06:29:50

Mitos dan Fakta Covid-19





Karena banyak spesikulasi dan berita-berita Hoax, kami merangkum beberapa pernyataan dan jawaban resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berita : Perokok/Vaping aktif rentan terinfeksi virus Covid-19.

Fakta : Betul! Merokok dapat merusak paru-paru dan bagian tubuh lainnya, dan itu akan membuat lebih rentan masuknya virus ini. Dengan meletakan ujung rokok pada mulut untuk dihisap atau berbagi alat hisap pada rokok shisha/vaping, maka anda memasukan virus atau bakteri yang tidak terlihat oleh kasat mata. Inilah waktu yang tepat untuk berhenti merokok untuk menjaga kesehatan bersama!

Berita : Cara penularan Covid-19 melalui udara.

Fakta : Salah! Cara penularannya melalui droplet saat batuk, bersin, maupun berbicara. Droplet (cairan tubuh) tersebut masuk saluran pernafasan, mukosa mulut dan mata pada orang sehat. Sehingga kita harus selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan 6 langkah.

Berita : Orang dengan Covid-19 tidak dapat menyusui.

Fakta : Bisa saja jika ibu memungkinkan dan yakin dapat menjaga kebersihan dirinya. Kontak dengan bayi seperlunya dan selalu pakai masker, selalu rajin mencuci tangan dengan standar WHO, dan rutinlah membersihkan dan mendesinfeksi permukaan.

Berita : Ibu hamil rentan terhadap Covid-19.

Fakta : Jika bisa menjaga kebersihannya, ibu hamil tidak akan terpapar virus ini. Cara menjaga nya dengan mencuci tangan secara kontinyu, menjaga jarak dengan orang sekitar, hindari menyentuk hidung, mata, dan mulut karena mulai dari sanalah virus masuk, dan terapkan etika batuk!

Berita : Memakan bawang putih dapat mencegah masuknya Covid-19.

Fakta : Bawang merupakan makanan sehat yang dipercayai memiliki kandungan antimikroba. Tetapi, tidak ada bukti bahwa bawang mampu mencegah penularan Covid-19.

Karena banyaknya informasi Covid-19 yang bermunculan dari berbagai situs, kami menyarankan agar tetap menerima informasi dari sumber terpercaya.
www.who.int
www.kemenkes.go.id
www.pikobar.jabarprov.go.id
www.dinkes.cimahikota.go.id
www.p2ptm.kemkes.go.id

SHARE:        

Add Comment