2020-04-01 06:20:40

Covid 19, Siapakah Kamu?





Indonesia sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan kegiatan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) demi memerangi virus baru dari Kota Wuhan, China. Virus ini semakin menyeruak karena penyebarannya terhitung cepat sejak ditemukan pertama kali di Kota Wuhan, China pada bulan November tahun 2019.

Covid-19 adalah adalah virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus ini termasuk Zoonosis (ditularkan antara hewan dan manusia). Penelitian menyebutkan SARS ditransmisikan dari kucing luwak (civet cats) ke manusia dan MERS dari unta ke manusia.

Gejala biasanya muncul dalam 2 hari hingga 14 hari setelah paparan. Tanda gejala umum infeksi coronavirus antara lain gejala gangguan pernafasan akut seperti demam, batuk, dan sesak nafas. Pada kasus yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernafasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian. Indikasi lainnya adalah gambaran foto thorax dada menunjukan inflitrat pneumonia luas dikedua paru.

WHO melaporkan bahwa penularan Covid-19 diperkirakan dari manusia ke anusia melalui droplet, kontak dan benda yang terkontaminasi. Rekomendasi standar untuk untuk mencegah penyebaran infeksi adalah melalui cuci tangan secara teratur, menerapkan etika batuk dan bersin, menghindari kontak secara langsung dengan ternak dan hewan liar serta menghindari kontak dengan siapapun yang menunjukan gejala penyakit pernafasan seperti batuk dan bersin.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasan singkat ini melalui video…

SHARE:        

Add Comment