2019-12-01 04:59:25

Bayi anda kurang berat badan? Teknik Kangguru solusinya!





         Perawatan Metode Kangguru (PMK) adalah salah satu cara untuk perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) dengan melakukan kontak langsung kulit ke kulit. Metode ini meniru binatang kangguru yang bayinya memang prematur dan disimpan pada perut ibunya untuk mencegah kedinginan sekaligus mendapatkan air susu. Metode ini sangat bermanfaat, baik selama perawatan di rumah sakit ataupun di rumah.

Perawatan ini dapat dilakukan saat bayi harus dalam keadaan stabil, tidak sakit, karena bayi harus bisa bernafas secara alami. Jangka waktu perlekatan bayi dan ibu minimal 60 menit perhari.

 

           Manfaatnya dari metode kangguru ini antara lain untuk :

1.      Meningkatkan hubungan emosi ibu dan anak

2.      Menstabilkan suhu tubuh, detak jantung, dan pernafasan bayi

3.      Meningkatkan pertumbuhan dan berat badan bayi dengan lebih baik

4.      Memperpanjang waktu tidur

5.      Mengurangi lama menangis pada bayi

6.      Meningkatkan produksi ASI

7.      Menurunkan resiko terinfeksi selama perawatan di rumah sakit

8.      Mempersingkat masa rawat di rumah sakit

 

Bagaimana cara melakukan PMK?

1.      Beri bayi pakaian, topi, popok, dan kaus kaki.

2.      Letakan bayi di dada ibu dengan posisi tegak, lang-sung ke kulit ibu, dan pastikan kepala bayi sudah terfiksasi pada dada ibu. Posisikan bayi dengan siku dan tungkai tertekuk, kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak sedikit mendongkak.

3.      Dapat pula memakai baju dengan ukuran lebih besar daripada ukuran ibu dan bayi diletakan diantara payudara ibu, baju ditangkupkan, kemudian ibu me-makai selendang yang dililitkan pada perut ibu agar tidak terjatuh.

4.      Bila baju ibu tidak dapat menyokong bayi, dapat digunakan handuk atau kain lebar yang elastis atau kantong yang dibuat sedemikian rupa untuk menjaga tubuh bayi.

5.      Ibu dapat beraktifitas dan bebas bergerak, walau berdiri, duduk, jalan, makan, dan mengobrol. Pada waktu tidur, posisi ibu setengah duduk atau dengan meletakkan beberapa bantal di punggung ibu.

6.      Bila ibu perlu istirahat, dapat digantikan oleh ayah ataupun orang terdekat.

 

Mudah bukan?

Informasi ini dapat juga ditemukan pada Leaflet RSU Avisena.

SHARE:        

Add Comment